PPL - TUGAS 2 - Perancangan Berbasis Objek

Nama: Muhammad Razan Athallah
NRP: 5025211008
Kelas: PPL A
Tahun: 2023/2024 (Genap)


Tugas kedua berupa latihan mengidentifikasi perangakat lunak yang mencakup desain dari kasus pengguna hingga model statis dan dinamis. Referensi dapat berupa paper, tugas akhir, atau studi kasus industri.

Referensi

Referensi yang saya ambil merupakan paper dengan judul "Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Plus Babussalam Bandung)".

Referensi dapat diakses melalui link berikut: referensi

Use Case Diagram

Berikut adalah beberapa use case diagram yang digambarkan di dokumen tersebut:



Terdapat 3 use case dengan aktor yang berbeda-beda. Use case pertama menggambarkan peran peserta PSB yang dapat mengisi biodata, melihat hasil pengumuman, mengirim pesan, dsb. Use case kedua menggambarkan peran panitia PSB yang dapat mengelola data peserta, mengelola pesan, mengelola laporan, dan mengganti username/password. Use case ketiga menggambarkan peran admin yang memiliki beberapa kemiripan dengan peran panitia PSB, namun lebih berisifat mengelola sistem bukan mengelola proses seleksi.

Model Dinamis

Model dinamis digambarkan dengan beberapa activity diagram sebagai berikut:


Activity diagram menggambarkan proes pendaftaran akun, proses mengisi biodata, dan proses melihat hasil seleksi. Pada dokumen sebenarnya terdapat lebih dari 3 activity diagram diatas, akan tetapi tidak ditampilkan karena blog akan terlalu panjang. Beberapa activity diagram yang tidak ditampilkan meliputi proses mencari daftar peserta untuk operator, mengubah status seleksi, menambah dan mengedit pengumuman, dsb.

Model Statis

Model statis digambarkan oleh class diagram berikut ini:





Comments

Popular posts from this blog

APSI - EAS - Aplikasi POS Alfamart

PWEB - TUGAS 7 - CRUD Pendaftaran Siswa Dengan PHP

PPL - TUGAS 8 - Estimasi Kapasitas Sistem