APSI - TUGAS 9 - Desain User Interface Chatbot

Anggota Kelompok:

  1. Muhammad Razan Athallah (5025211008)
  2. Alexander Weynard Samsico (5025211014)
  3. Frederick Yonatan Susanto (5025211121)


Tugas kesembilan adalah membuat desain user interface dari aplikasi chatbot secara berkelompok. Desain user interface meliputi lima proses, yaitu User scenario development, Interface structure design, Interface standards design, Interface design prototyping, dan Interface evaluation.

User Scenario Development

Pengguna Baru

Pengguna yang Sudah Pernah Menggunakan Chatbot

1. Mengirim Pesan

  • Pengguna baru membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna baru memilih opsi "Mengirim Pesan" dari menu.
  • Aplikasi chat bot menampilkan antarmuka untuk memasukkan pesan.
  • Pengguna baru menulis pesan yang ingin dikirim.
  • Setelah selesai menulis pesan, pengguna baru mengirim pesan.
  • Aplikasi chat bot mengonfirmasi bahwa pesan telah berhasil dikirim.

 

1.  Mengirim Pesan

  • Pengguna yang sudah pernah menggunakan chat bot membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna tersebut langsung memilih opsi "Mengirim Pesan" dari menu karena sudah terbiasa.
  • Aplikasi chat bot menampilkan antarmuka untuk memasukkan pesan.
  • Pengguna tersebut menulis pesan yang ingin dikirim.
  • Setelah selesai menulis pesan, pengguna tersebut mengirim pesan.
  • Aplikasi chat bot mengonfirmasi bahwa pesan telah berhasil dikirim.

2. Melihat Riwayat Pesan

  • Pengguna baru membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna baru memilih opsi "Melihat Riwayat Pesan" dari menu.
  • Aplikasi chat bot menampilkan riwayat pesan sebelumnya dalam urutan terbaru.
  • Pengguna baru dapat membaca pesan-pesan sebelumnya yang dikirimkan dan diterima.
  • Pengguna baru dapat mengklik pesan tertentu untuk membuka percakapan terkait.

 

2. Melihat Riwayat Pesan

  • Pengguna yang sudah pernah menggunakan chat bot membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna tersebut langsung memilih opsi "Melihat Riwayat Pesan" dari menu.
  • Aplikasi chat bot menampilkan riwayat pesan sebelumnya dalam urutan terbaru.
  • Pengguna tersebut dapat membaca pesan-pesan sebelumnya yang dikirimkan dan diterima.
  • Pengguna tersebut dapat mengklik pesan tertentu untuk membuka percakapan terkait.

3. About Us

  • Pengguna baru membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna baru memilih opsi "About Us" dari menu.
  • Aplikasi chat bot menampilkan informasi tentang aplikasi, seperti nama pengembang, tujuan aplikasi, dan versi aplikasi.
  • Pengguna baru dapat membaca informasi yang diberikan untuk memahami lebih lanjut tentang aplikasi chat bot.

 

3. About Us

  • Pengguna yang sudah pernah menggunakan chat bot membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna tersebut memilih opsi "About Us" dari menu karena ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasi chat bot.
  • Aplikasi chat bot menampilkan informasi tentang aplikasi, seperti nama pengembang, tujuan aplikasi, dan versi aplikasi.
  • Pengguna tersebut membaca informasi yang diberikan untuk memperbarui pengetahuan mereka tentang aplikasi chat bot.

 

4. Help Centre

  • Pengguna baru membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna baru memilih opsi "Help Centre" dari menu.
  • Aplikasi chat bot menampilkan halaman bantuan dengan daftar pertanyaan umum atau topik bantuan lainnya.
  • Pengguna baru dapat menjelajahi topik bantuan atau mencari pertanyaan yang spesifik.
  • Jika pengguna baru tidak menemukan jawaban yang diinginkan, mereka dapat mengirimkan pertanyaan ke tim dukungan pelanggan melalui aplikasi chat bot.

 

4. Help Centre

  • Pengguna yang sudah pernah menggunakan chat bot membuka aplikasi chat bot dan melihat menu yang tersedia.
  • Pengguna tersebut memilih opsi "Help Centre" dari menu karena ingin mencari bantuan atau jawaban untuk pertanyaan mereka.
  • Aplikasi chat bot menampilkan halaman bantuan dengan daftar pertanyaan umum atau topik bantuan lainnya.
  • Pengguna tersebut menjelajahi topik bantuan atau mencari pertanyaan yang spesifik.
  • Jika pengguna tersebut tidak menemukan jawaban yang diinginkan, mereka dapat mengirimkan pertanyaan ke tim dukungan pelanggan melalui aplikasi chat bot, seperti yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

 

Interface Structure Design



Interface Standards Design

Desain Chatbot yang akan dibuat diharapkan memenuhi standarisasi sebagai berikut:
  1. Interface akan menggunakan metafora messaging system seperti pada aplikasi WhatsApp, LINE, dsb.
  2. Landing Page berisi logo dan sambutan yang ramah serta memberikan option menu yang ingin dilakukan oleh pengguna.
  3. Tata letak Landing Page juga diharapkan di tengah dan memenuhi tampilan layar.
  4. Menu terdiri dari New Chat, Riwayat, Tentang aplikasi, dan Bantuan.
  5. New Chat berupa ruang chat dengan bot dibuat dengan warna background polos dan warna chatbox dibuat eye-catching untuk pengguna. Warna chatbox untuk bot dan pengguna berbeda.
  6. Tampilan bot yang sedang membuat suatu chat juga diberikan efek “sedang mengetik”.
  7. Riwayat (History) berisi topik-topik yang dibahas sebelumnya dengan Chatbot.
  8. Tentang aplikasi (About us) berisi deskripsi Chatbot.
  9. Bantuan berisi No. Telepon dan Email untuk dihubungi.
  10. Menu Bantuan berada di pojok kanan landing page, tidak pada menu utama.
  11. Tombol back perlu diletakkan pada pojok kiri atas setiap page kecuali landing page.
  12. Font yang digunakan adalah Poppins.
  13. Warna yang digunakan adalah hitam, #D9D9D9, #F5EFE7, #D8C4B6, #4F709C, dan #213555 serta biru terang muda.

Interface Design Prototyping

Storyboard Prototype



HTML/Language Prototype
  • Landing page
  • New chat
  • History, About us, Help Centre


Interface Evaluation

Tahap interface evaluation digunakan untuk mengidentifikasi potensi terjadinya masalah dan area yang perlu ditingkatkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah Heuristic Evaluation, yaitu membandingkan interface dengan prinsip desain yang ditetapkan. Berikut adalah hasil heuristic evaluation dari interface chatbot: 
  1. Konsisten: Penggunaan elemen interface berupa ikon, warna, font, tata letak sudah konsisten pada seluruh bagian aplikasi. 
  2. Efisiensi: Interface aplikasi ini sudah dirancang sehingga pengguna dapat mencapai bagian yang diinginkan dengan efisien.
  3. Estetika: Penggunaan ikon, warna, font yang terkesan soft membuat inteface memiliki estetika yang menarik dan tidak mengganggu bagi pengguna.
  4. Keberlanjutan: Interface yang didesain sudah mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan skalabilitas, sehingga dapat menyesuaikan dengan cepat jika terdapat fitur baru. 
Dari hasil interface evaluation, dapat disimpulkan bahwa proses desain user interface sudah selesai dan dapat dilanjutkan ke tahap pengembangan berikutnya.



Comments

Popular posts from this blog

APSI - EAS - Aplikasi POS Alfamart

PWEB - EVALUASI AKHIR SEMESTER

APSI - TUGAS 1 - Sistem Akuntansi Aset Tetap