APSI - ETS - Evaluasi 1 Analisis dan Perancangan
Nama: Muhammad Razan Athallah
NRP: 5025211008
Kelas: APSI E
Tahun: 2022/2023 (Genap)
Dalam aplikasi HRD, apa saja yang menjadi kebutuhan aplikasi sistem informasinya?
Kebutuhan aplikasi sistem informasi HRD: - Manajemen data karyawan: sistem manajemen data karyawan yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi karyawan seperti data pribadi, riwayat pekerjaan, dan pengalaman pendidikan.
- Manajemen gaji dan tunjangan: menghitung gaji dan tunjangan karyawan berdasarkan data karyawan yang tercatat di dalam sistem. Hal ini juga harus memperhitungkan pajak dan potongan gaji sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Manajemen rekrutmen: sistem manajemen rekrutmen yang memungkinkan pengguna untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi karyawan dari awal hingga akhir.
- Pelatihan dan pengembangan: mengelola program pelatihan dan pengembangan karyawan.
- Evaluasi kinerja: mengevaluasi kinerja karyawan dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan.
- Manajemen cuti: mengelola permintaan cuti dan jadwal cuti karyawan.
- Kepatuhan hukum: memastikan bahwa peraturan perusahaan dan hukum ketenagakerjaan diikuti oleh seluruh karyawan dan perusahaan.
- Aksesibilitas dan keamanan: mudah diakses oleh seluruh karyawan dan harus memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi informasi pribadi karyawan dan data perusahaan.
Sebutkan dan jelaskan komponen sistem informasi!
Komponen-komponen sistem informasi:
- Komponen input: data yang masuk ke dalam sistem informasi
- Komponen model: kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
- Komponen output: hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
- Komponen teknologi: alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
- Komponen basis data: kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
- Komponen kontrol: komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Deskripsikan karakteristik pekerjaan Analyst, dan kemampuan/ skill apa yang harus dimiliki oleh seorah Analyst Sistem Informasi?
System analyst adalah orang yang menganalisa bisnis, mengidentifikasi peluang pengembangan sistem, dan merancang sistem informasi untuk mengimplementasikan idenya. Skill yang dibutuhkan system analyst:- Pemecahan masalah
- Komunikator
- Etika profesional dan personal yang kuat
- Disiplin
- Pengalaman di bidang analisa, desain, dan pemrograman
Sebutkan tahapan pembangunan aplikasi sistem informasi. Apa saja output dari masing-masing tahapan?
Tahapan pembangunan aplikasi sistem informasi beserta outputnya: - Planning: Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan perencanaan dan pengorganisasian awal. Teknik yang digunakan adalah project identification, feasibility study, project plan, dll. Output yang dihasilkan berupa rencana kerja, pembagian tugas tim, standarisasi kerja, dan manajemen resiko.
- Analysis: Pada tahapan ini, terdapat pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan beberapa hal, yaitu: kebutuhan aplikasi dan teknologi, input data, aliran data, transformasi data, penyimpanan data, dan output informasi. Output dari tahapan analysis adalah dokumen analisis kebutuhan, yang berisi spesifikasi kebutuhan bisnis dan teknis.
- Design: Tahapan design melibatkan perancangan struktur, fitur, dan fungsionalitas sistem atau aplikasi. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi merancang arsitektur, database, interface, dan algoritma yang dibutuhkan. Output dari tahapan design adalah dokumen rancangan sistem atau aplikasi, yang mencakup rancangan arsitektur, rancangan database, rancangan antarmuka, dan rancangan algoritma.
- Implementation: Tahapan dimana tim pengembang sistem atau aplikasi mulai membangun sistem atau aplikasi sesuai dengan desain yang telah dibuat. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan coding, integrasi, dan pengujian. Output dari tahapan implementation adalah sistem atau aplikasi yang telah dibangun, bersama dengan kode sumber dan dokumentasi teknis.
- Operation and support: Tahapan operation and support melibatkan pengoperasian sistem atau aplikasi yang telah dibangun, serta dukungan teknis yang dibutuhkan oleh pengguna atau klien. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan pemeliharaan, peningkatan, dan perbaikan sistem atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Output dari tahapan operation and support adalah sistem atau aplikasi yang berjalan dengan lancar, dukungan teknis yang memadai, dan dokumentasi pemeliharaan dan perbaikan yang lengkap.
Apa yang disebut dengan studi kelayakan? Mengapa diperlukan sebelum membangun aplikasi, jelaskan sertai contoh!
Studi kelayakan adalah studi analisis yang memperhitungkan semua faktor dalam proyek, termasuk pertimbangan ekonomi, hukum, teknis, dan timeline. Studi kelayakan berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar-benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada perusahaan, serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.
Suatu proyek yang dilakukan studi kelayakan akan ditimbang dengan faktor-faktor berikut:
- Kelayakan Teknis: digunakan dalam menentukan apakah suatu organisasi atau perusahaan memiliki sumber daya dan keahlian teknis dari para SDM yang memenuhi persayaratan Proyek. Beberapa indikatornya adalah teknis (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak), teknologi yang digunakan, tenaga kerja, analisis situs, dan angkutan.
- Kelayakan Ekonomi: menggunakan analisis biaya-manfaat untuk membandingkan biaya keuangan dengan manfaat yang diproyeksikan. Beberapa indikatornya adalah investasi awal, sumber daya untuk mendapatkan modal (bank, investor, pemodal ventura), dan pengembalian investasi.
- Kelayakan Organisasi: mengacu pada analisis proyek berdasarkan percencanaan kapasitas, sumber daya, sasaran strategis, dan tujuan bisnis. Beberapa indikatornya adalah struktur organisasi bisnis, struktur hukum bisnis, kompetensi, keterampilan profesional, dan pengalaman tim manajemen.
Pilih salah satu pertanyaan, kemudian terangkan dengan Video Explainer diupload di youtube dan diembedded di blog.
- Manajemen data karyawan: sistem manajemen data karyawan yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi karyawan seperti data pribadi, riwayat pekerjaan, dan pengalaman pendidikan.
- Manajemen gaji dan tunjangan: menghitung gaji dan tunjangan karyawan berdasarkan data karyawan yang tercatat di dalam sistem. Hal ini juga harus memperhitungkan pajak dan potongan gaji sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Manajemen rekrutmen: sistem manajemen rekrutmen yang memungkinkan pengguna untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi karyawan dari awal hingga akhir.
- Pelatihan dan pengembangan: mengelola program pelatihan dan pengembangan karyawan.
- Evaluasi kinerja: mengevaluasi kinerja karyawan dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan.
- Manajemen cuti: mengelola permintaan cuti dan jadwal cuti karyawan.
- Kepatuhan hukum: memastikan bahwa peraturan perusahaan dan hukum ketenagakerjaan diikuti oleh seluruh karyawan dan perusahaan.
- Aksesibilitas dan keamanan: mudah diakses oleh seluruh karyawan dan harus memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi informasi pribadi karyawan dan data perusahaan.
Sebutkan dan jelaskan komponen sistem informasi!
- Komponen input: data yang masuk ke dalam sistem informasi
- Komponen model: kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
- Komponen output: hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
- Komponen teknologi: alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
- Komponen basis data: kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
- Komponen kontrol: komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
System analyst adalah orang yang menganalisa bisnis, mengidentifikasi peluang pengembangan sistem, dan merancang sistem informasi untuk mengimplementasikan idenya. Skill yang dibutuhkan system analyst:
- Pemecahan masalah
- Komunikator
- Etika profesional dan personal yang kuat
- Disiplin
- Pengalaman di bidang analisa, desain, dan pemrograman
Sebutkan tahapan pembangunan aplikasi sistem informasi. Apa saja output dari masing-masing tahapan?
- Planning: Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan perencanaan dan pengorganisasian awal. Teknik yang digunakan adalah project identification, feasibility study, project plan, dll. Output yang dihasilkan berupa rencana kerja, pembagian tugas tim, standarisasi kerja, dan manajemen resiko.
- Analysis: Pada tahapan ini, terdapat pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan beberapa hal, yaitu: kebutuhan aplikasi dan teknologi, input data, aliran data, transformasi data, penyimpanan data, dan output informasi. Output dari tahapan analysis adalah dokumen analisis kebutuhan, yang berisi spesifikasi kebutuhan bisnis dan teknis.
- Design: Tahapan design melibatkan perancangan struktur, fitur, dan fungsionalitas sistem atau aplikasi. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi merancang arsitektur, database, interface, dan algoritma yang dibutuhkan. Output dari tahapan design adalah dokumen rancangan sistem atau aplikasi, yang mencakup rancangan arsitektur, rancangan database, rancangan antarmuka, dan rancangan algoritma.
- Implementation: Tahapan dimana tim pengembang sistem atau aplikasi mulai membangun sistem atau aplikasi sesuai dengan desain yang telah dibuat. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan coding, integrasi, dan pengujian. Output dari tahapan implementation adalah sistem atau aplikasi yang telah dibangun, bersama dengan kode sumber dan dokumentasi teknis.
- Operation and support: Tahapan operation and support melibatkan pengoperasian sistem atau aplikasi yang telah dibangun, serta dukungan teknis yang dibutuhkan oleh pengguna atau klien. Pada tahapan ini, tim pengembang sistem atau aplikasi melakukan pemeliharaan, peningkatan, dan perbaikan sistem atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Output dari tahapan operation and support adalah sistem atau aplikasi yang berjalan dengan lancar, dukungan teknis yang memadai, dan dokumentasi pemeliharaan dan perbaikan yang lengkap.
Apa yang disebut dengan studi kelayakan? Mengapa diperlukan sebelum membangun aplikasi, jelaskan sertai contoh!
- Kelayakan Teknis: digunakan dalam menentukan apakah suatu organisasi atau perusahaan memiliki sumber daya dan keahlian teknis dari para SDM yang memenuhi persayaratan Proyek. Beberapa indikatornya adalah teknis (termasuk perangkat keras dan perangkat lunak), teknologi yang digunakan, tenaga kerja, analisis situs, dan angkutan.
- Kelayakan Ekonomi: menggunakan analisis biaya-manfaat untuk membandingkan biaya keuangan dengan manfaat yang diproyeksikan. Beberapa indikatornya adalah investasi awal, sumber daya untuk mendapatkan modal (bank, investor, pemodal ventura), dan pengembalian investasi.
- Kelayakan Organisasi: mengacu pada analisis proyek berdasarkan percencanaan kapasitas, sumber daya, sasaran strategis, dan tujuan bisnis. Beberapa indikatornya adalah struktur organisasi bisnis, struktur hukum bisnis, kompetensi, keterampilan profesional, dan pengalaman tim manajemen.
Pilih salah satu pertanyaan, kemudian terangkan dengan Video Explainer diupload di youtube dan diembedded di blog.
Comments
Post a Comment